Komunitas Penghafal Al-Qur'an Man 2 Pontianak

Assalamu'alaikum wr.wb

Komunitas Penghafal Al-Qur'an merupakan suatu tempat untuk orang - orang berinteraksi yang ingin menghafal Al-Qur'an dan mempelajarinya. Di MAN 2 Pontianak terdapat komunitas penghafal Al-Qur'an yang kini dijadikan ekskul yang bernama "HASAN". HASAN didirikan sekitar tahun 2014 sebagai tempat untuk siswa dan siswi MAN 2 kala itu untuk menghafal Al-Qur'an secara bersamaan serta mempelajarinya. Dalam perkembangannya semakin banyak pula siswa dan siswi MAN 2 yang mengikuti komunitas ini yang pada akhirnya diusulkan untuk menjadi ekskul seperti sekarang ini.

Tujuan didirikannya komunitas ini tentu untuk mencetak generasi muda penghafal Al-Qur'an, sebelum lulus dari MAN 2 setidaknya diharapkan punya bekal sertifikat penghafal Al-Qur'an dari MAN 2 Pontianak. Pada tahun 2016 ini yang makin banyak siswa dan siswi MAN 2 mengikuti ekskul HASAN. Salah satu programnya yaitu siswa dan siswi memilih kartu, terdapat tiga jenis kartu yaitu kartu hafalan juz 30, juz 29, dan juz 1. Masing - masing memilih sesuai dengan banyak hafalannya, dan tentu juga boleh jika belum hafal untuk mengambil kartu lain dan mulai untuk menghafalnya.

Komunitas ini tidak hanya berisikan kegiatan menghafal saja, ada juga motivasi, mempelajari isi kandungan, serta lainnya yang berkaitan dengan Al-Qur'an yang disampaikan oleh mentor berpengalaman dan tentunya ia juga sudah hafal 30 juz Al-Qur'an.

Setiap milad atau ulang tahun HASAN diadakan wisuda untuk para siswa dan siswi penghafal Al-Qur'an yang telah menyetor hafalannya ke guru pembimbing yang sebelumnya telah memberikan bukti berupa kartu hafalan yang lengkap dengan tanda tangan. Wisudanya berupa siswa dan siswi akan di tes terlebih dahulu oleh para guru pembimbing sesuai dengan kartu hafalan yang diberikan. Jika lolos siswa dan siswi akan mendapatkan predikat hafiz Al-Qur'an sesuai kartu juz yang telah disetorkannya berupa sertifikat, dan sal bertuliskan hafizh Al-Qur'an juz yang dihafalnya

Diharapkan generasi muda untuk menjadi generasi penghafal Al-Qur'an karena siapa lagi yang menjaga Al-Qur'an dengan hafalan kalau bukan kita generasi muda islam penerus bangsa. Dan ini merupakan tujuan yang diharapkan MAN 2 mencetak generasi yang unggul sebelum terjun ke masyarakat.

Wassalamu'alaikum wr.wb

Mahasiswa hukum yang tertarik dengan filsafat, psikologi, sejarah, dan bidang apa saja, kecuali matematika.

0 comments:

Rules Comment :

1. Dilarang Spam
2. Berkomentarlah yang baik
3. Dilarang menggunakan kata komentar dengan kata kasar atau sebagainya
4. Harap untuk tidak menyebarkan link yang membuat spam, rusuh. unsur porno, sara, dan sebangsanya
5. Komentar harus sesuai dengan isi artikel