Program Mengaji Sebelum Pelajaran Dimulai

Assalamu'alaikum wr.wb

Mengaji merupakan akitivitas membaca Al-Qur'an, dalam ajaran Islam aktivitas ini merupakan ibadah, dan barangsiapa yang melakukannya maka akan mendapat ganjaran dari Allah SWT. Mengaji dapat dilakukan di waktu senggang, mengisi waktu senggang dengan membaca Al-Qu'ran bernilai badah berupa pahala, dan ridho dari Allah SWT. Mengaji dapat dilakukan kapanpun, dan dimana saja. Dari di rumah sampai di sekolah sekalipun, dari waktu senggang maupun sempit untuk menyempatkan diri untuk membaca Al-Qur'an. Banyak sekali manfa'at membaca Al-Qur'an, salah satunya ialah ketika datang hari kiamat maka Al-Qur'an akan datang sebagai pemberi syafa'at kepada orang yang membacanya. Sesuai dengan hadis Nabi SAW yang artinya:

"Abu Umamah Al-Bahily r.a berkata:"Aku telah mendengar Rasulullah SAW bersabda:"Bacalah Al-Qur'an karena sesungguhnya dia akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafa'at kepada yang membacanya"(HR.Muslim).

Maka dari itu, MAN 2 Pontianak menyelenggarakan program mengaji sebelum pelajaran dimulai sesuai pula dengan program Kementrian Agama yaitu mengaji bagi pelajar sebelum pelajaran dimulai. Para siswa diwajibkan mengaji sebelum 10 menit sebelum pelajaran dimulai, dari pukul 06:45 - 06:50 WIB. Proses mengaji setiap kelasnya dipimpin oleh satu orang kemudian diikuti dengan yang lain, lalu seorang siswa lainnya menerjemahkan ayat Al-Qur'an begitu terus secara rolling beradasarkan urutan absen alfabetik. Membacanya dengan lantunan suara merdu berirama tartil yang membuat mengaji jadi lebih khusyu', dan membuat hati merinding ketika mendengarnya serta enak didengar oleh telinga. Bukan hanya sebelum 10 menit pelajarn dimulai, tetapi siswa atau siswi yang datang awal ke sekolah diperkenankan untuk mengaji di masjid supaya membawa suasana pagi yang nyaman oleh lantunan ayat - ayat suci Al-Qur'an.

Dengan dilaksanakannya program ini diharapkan para siswa dan siswi sebelum pelajaran dimulai untuk mengaji guna memberi semangat hari baru oleh bacaan Al-Qur'an yang dilantunkan setiap kelas.

Wassalamu'alaikum wr.wb

Mahasiswa hukum yang tertarik dengan filsafat, psikologi, sejarah, dan bidang apa saja, kecuali matematika.

0 comments:

Rules Comment :

1. Dilarang Spam
2. Berkomentarlah yang baik
3. Dilarang menggunakan kata komentar dengan kata kasar atau sebagainya
4. Harap untuk tidak menyebarkan link yang membuat spam, rusuh. unsur porno, sara, dan sebangsanya
5. Komentar harus sesuai dengan isi artikel